Skip to main content

Lingkaran - Rumus Luas dan Keliling Lingkaran

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang lingkaran, lebih khususnya rumus yang akan kita pakai dalam menghitung luas dan keliling lingkaran.
Sebelum kita membahas rumus luas dan keliling lingkaran. Berikut ini dijelaskan dengan singkat apa itu lingkaran dan unsur-unsur yang terdapat pada sebuah lingkaran.

Pengertian Lingkaran
Lingkaran merupakan bagian dari salah satu jenis bangun datar yang memiliki bentuk bulat seperti bola. Berbeda dengan bangun datar lainnya, lingkaran hanya memiliki satu sisi melengkung yang saling bertemu tanpa memiliki titik sudut satupun. Yang dimaksud titik tertentu adalah titik pusat lingkaran.

Unsur-Unsur Lingkaran
Di dalam sebuah lingkaran terdapat 8 unsur. Untuk lebih memahami dengan lebih jelas mengenaik  unsur – unsur yang terkandung di dalam lingkaran. Berikut akan saya berikan penjelasan singkat pada masing-masing unsur – unsur yang ada pada lingkaran, antara lain:
1. Titik Pusat
Titik pusat yaitu titik yang menjadi pusat lingkaran yang terletak tepat di tengah-tengah  lingkaran. Titik pusat disimbilkan dengan P.
2. Jari-jari
Jari-jari yaitu suatu garis/jarak yang menghubungkan antara titik pusat dengan titik pada lingkaran. Jari-jari disimbilkan dengan r.
3. Diameter
Diameter yaitu suatu panjang garis lurus yang menghubungkan antara dua titik pada lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran. Dari pengertian tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan yaitu jari-jari lingkaran mempunyai nilai setengah dari diameter atau diameter mempunyai nilai dua kali dari jari-jari. Diameter disimbolkan dengan d.
4. Busur Lingkaran 
Busur lingkaran yaitu garis berbentuk melengkung pada tepian lingkaran. Busur pada lingkarang terbagi menjadi dua macam antara lain: busur besar dan busur kecil. Dikatakan busur besar karena panjangnya lebih dari setengah lingkaran. Dikatakan busur kecil karena panjangnya kurang dari setengah lingkaran. 
5. Tali Busur
Tali busur yaitu garis lurus yang mengaitkan dua titik pada lingkaran serta tidak melewati titik pusat lingkaran.
6. Juring Lingkaran
Juring yaitu suatu daerah yang dibatasi oleh dua garis jari – jari serta sebuah busur lingkaran yang posisinya diapit oleh dua buah jari – jari tersebut.
7. Tembereng
Tembereng yaitu yaitu daerah yang terletak di dalam lingkaran yang telah dibatasi oleh busur lingkaran serta tali busur lingkaran.
8. Apotema
Apotema yaitu garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur (tegak lurus dengan tali busur).

Lebih jelasnya lagi perhatikan gambar lingkaran berikut.
Mathematics
Setelah saya sedikit menjelaskan tentang pengertian dan unsur-unsur lingkaran, sekarang kita akan masuk pada rumus luas lingkaran dan keliling lingkaran.

Rumus Lingkaran
Pada pembahasan rumus lingkaran kita akan mengetahui rumus yang dipakai untuk menghitung luas dan keliling lingkaran.
1. Keliling Lingkaran
Keliling lingkaran merupakan busur terpanjang pada suatu lingkaran. Dalam menghitung keliling lingkaran Gengs dapat menggunakan dua cara untuk menghitung keliling lingkaran, yaitu jika diketahui jari-jari (r) atau jika diketahui diameter (d). Perlu kita ketahui bahwa diameter lingkaran merupakan dua kali jari-jari lingkaran atau jari-jari lingkaran merupakan setengah dari diameter lingkaran.

Rumus pertama yang kita pakai apabila lingkaran tersebut telah diketahui diameternya.
Apabila diameternya tidak diketahui maka kita dapat memakai jari-jari untuk menghitung keliling lingkaran. Rumus yang digunakan ialah sebagai berikut:
Keliling ligkaran: 2 × π × r
Keterangan:
k = Keliling lingkaran
π = phi; nilainya 22/7 atau 3,14
r = jari-jari lingkaran

Rumus kedua yang kita pakai apabila lingkaran tersebut telah diketahui jari-jarinya.
Rumus ini berlaku apabila yang diketahui adalah diameter lingkarannya. Untuk menghitung keliling dari sebuah lingkaran dengan memakai diameter, maka kita gunakan rumus sebagai berikut:
Keliling Lingkaran: k = π × d
Keterangan:
k = keliling lingkaran
π = phi =22/7 atau 3,14
d = diameter

2. Luas Lingkaran
Setelah kita membahas rumus keliling lingkaran, sekarang kita akan membahas rumus luas lingkaran. Luas lingkaran dapat kita hitung menggunakan jari-jari lingkaran. Jika yang diketahui diameternya, maka ubah diameter menjadi jari-jari. Caranya, kita bagi diameter dengan 2.
Luas lingkaran: π × r²
Keterangan:
π = phi = 3,14 atau 22/7
r = jari-jari

Diketahui  Jari-jari lingkaran
Apabila panjang jari-jari lingkaran diketahui dalam soal, maka luas lingkaran dapat ditentukan dengan rumus L= π x r². 

Diketahui keliling lingkaran
Menghitung luas lingkaran jika diketahui keliling lingkaran langkah pertama adalah menentukan panjang jari-jari lingkaran.
 
Panjang jari-jari lingkaran dapat ditentukan dari rumus keliling lingkaran K = π x d = 2 x π x r sehingga r = K/2 x π.

Agar lebih paham lagi, Gengs bisa membuka link berikut : Cara Mudah Menghitung Rumus Keliling Lingkaran. Pada "Cara Mudah Menghitung Rumus Keliling Lingkaran" telah disediakan contoh soalnya.

Demikian rumus luas dan keliling lingkaran
Semoga Bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar