Skip to main content

Rumus Luas dan Keliling Layang-Layang

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Rumus untuk mencari luas dan keliling dari bangun layang-layang. Dalam kehidupan sehari-hari, benda yang seperti bangun datar layang-layang adalah mainan layang-layang. Apakah Gengs pernah main layang-layang? Atau mungkin bermain layang-layang adalah kebiasaan Gengs? Bermain layang-layang itu memang sangat mengasyikan bukann!!!!!

Apa pengertian layang-layang secara matematika?
Layang-layang merupakan salah satu bangun datar segi empat. Bangun datar ini mempunyai 4 sisi dengan masing-masing 2 pasang sisi yang sama panjang. Kita sebut saja 4 sisi tersebut yaitu s1, s1, s2 dan s2 sedangkan 2 sisi yang sama panjang kita sebut dengan d1 dan d2. Layang-layang pun mempunyai sepasang sudut yang sama besar. Untuk lebih jelasnya Gengs dipersilahkan melihat gambar di bawah ini.
Coba Gengs perhatikan gambar layang-layang di atas. Setelah Gengs memperhatikan gambar di atas Gengs akan melihat sisi layang-layang yang masing-masing diberi tanda  s1 dan s2. Sisi s1 dan s2 masing-masing memiliki pasangan yang panjangnya sama. Sedangkan d1 dan d2 adalah diagonal dari bangun layang-layang di atas, dimana d1 disebut diagonal vertikal sedang d2 disebut diagonal horizontal. 

Untuk menghitung luas dan keliling layang-layang kita akan memerlukan rumus. Silahkan Gengs simak rumus luas dan keliling layang-layang berikut ini :  

Rumus Luas Layang-layang

Untuk menghitung luas dari bangun layang-layang, yang kita butuhkan yaitu diagonal vertikal dan diagonal horizontal dari bangun layang-layang. 
Mathematics
Keterangan : d1 adalah diagonal vertikal
                      d2 adalah diagonal horizontal 

Rumus Keliling Layang-layang

Keliling bangun layang-layang dapat dengan mudah kita peroleh dengan menjumlahkan panjang semua sisi-sisinya. Dengan demikian, rumus keliling dari layang layang adalah :
Mathematics
Keterangan : s1 adalah sisi 1
                      s2 adalah sisi 2

Contoh Mencari Luas Layang-Layang 

Sebuah layang-layang memiliki diagonal yang masing-masing panjangnya 4 cm dan 8 cm. Berapakah luas layang-layang tersebut?
Pembahasan
Diketahui: 
d1= 4 cm 
d2 = 8 cm 
Ditanya: Luas layang-layang???  
Jawab:
Luas = ½ x d1 x d2 
Luas = ½ x 4 cm x 8 cm 
Luas = 16 $cm^2$
Jadi luas layang-layang tersebut adalah 16 $cm^2$

Contoh Mencari Keliling Layang-Layang 

Jika di ketahui sebuah layang-layang mempunyai panjang   s1 = 10cm dan s2 = 15 cm. Hitunglah berapa keliling dari layang-layang tersebut. 
Pembahasan 
Diketahui:
S1=10 cm
S2 = 15 cm
Ditanya: Keliling layang-layang???
Jawab:
K = 2(s1 + s2)
    = 2( 10 cm + 15 cm )
    = 2( 25 cm)
    = 50 cm 
Jadi keliling dari layang-layang tersebut adalah 50 cm.

Rumus Mencari Diagonal Layang-layang

Kita dengan mudah dapat mencari nilai diagonal suatu bangun layang-layang apabila nilai luas layang-layang tersebut telah diketahui sebelumnya.
Sebelumnya kita tahu bahwa rumus luas layang-layang adalah:
L = ½ x d1 x d2
Misalkan luasnya telah diketahui bernilai 100 $cm^2$
maka,
100 = ½  x d1 x d2
d1 x d2 = 200
Dengan demikian kita akan mengetahui bahwa:
d1 = 200/d2  atau d2 = 200/d1

Bagaiman menurut Gengs, mudah nggak? Demikian rumus luas dan keliling layang-layang yang dapat saya berikan. Jangan lupa untuk banyak berlatih soal latihan.
Semoga Bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar