Skip to main content

Cara Menghitung Volume Tabung dan Contoh Soal

Hallo Gengs… Apa Kabar? Semoga kita semua selalu dalam lindungannya. 
Kali ini akan dijelaskan mengenai materi dan contoh soal tentang cara menghitung volume tabung. Tabung disebut juga dengan silinder. Tabung adalah sebuah bangun ruang yang memiliki 2 (dua) rusuk yang menghubungkan alas dan tutup yang berbentuk lingkaran. Bidang sisi pada tabung ada 3 (tiga) bagian yaitu alas, tutup, dan selimut. Kemudian bagaimanakah cara mengetahui volume atau isi dari sebuah tabung tersebut? Yukk.. mari kita sama-sama simak penjelasannya berikut ini.
Sebelumnya, coba perhatikan gambar dari bagian-bagian tabung berikut ini.


Nahhh untuk menghitung volume sebuah maka kita harus mengetahui jari-jari atau diameter dari penampang (alas/tutup) tabung tersebut. Perlu Gengs ingat bahwa diameter nilainya sama dengan dua kali jari-jari (diameter = 2 x jari-jari).

Volume tabung dapat kita hitung dengan cara mengalikan luas alas sebuah tabung dan tinggi dari tabung tersebut. Seperti yang kita ketahui, alas sebuah tabung berbrntuk lingkaran oleh karena itu rumus volume lingkaran dapat disusun dengan mengalikan rumus luas lingkaran dengan tinggi tabung. Coba pehatikan rumus volume tabung berikut ini.

Keterangan:
V = Volume tabung
phi = 22/7 atau 3.14
r = radius (jari-jari lingkaran)
t = tinggi tabung 

Apabila pada soal yang diketahui adalah diameternya, maka rumusnya bisa kita ubah. Berikut ini  rumus volume tabung dengan diameter:
Keterangan:
V = Volume tabung
phi = 13.4 atau 22/7
d = diameter
t = tinggi

Agar lebih cepat memahami rumus volume tabung di atas, mari kita kerjakan beberapa contoh soal di bawah ini.

Soal 1
Sebuah tabung memiliki volume 2.310 cm³. Berapa jari-jari tabung tersebut jika tingginya 15 cm?
Pertama-tama mari kita mencari jari-jarinya, agar kita dapat menentuan luas alasnya.
Volume Tabung = luas alas . tinggi

Jadi,  jari-jarinya adalah 7cm

Bagaimana jika yang ditanya adalah diamternya??
Tanpa berpikir panjang dengan mudah kita akan peroleh hasilnya, yaitu:
Ingat bahwa diameter = 2 x jari-jari
Dengan demikian diameter = 2 x 7 = 49
  
Soal 2
Sebuah tabung memiliki diameter 10 cm dan tinggi 25 cm. Berapa volume tabung tersebut?
Untuk menyelesaikan soal ini, kita dapat menggunakan dua alternative diantaranya dengan menggunakan rumus yang terdapat diameternya atau menggunakan rumus yang terdapat jari-jarinya.

Seperti yang telah diingatkan sejak awal  bahwa diameter nilainya sama dengan dua kali jari-jari (diameter = 2 x jari-jari). Sehingga, 10 = 2 x 5, dengan demikian jari-jarinya bernilai 5
Pembahasan :
Cara 1
Pada cara 1 ini kita tinggal memasukan setiap angka yang sudah kita peroleh pada soal ke dalam rumusnya. Sehingga akan kita peroleh sebagai berikut.

Cara 2
Pada cara 2 ini yang perlu kita lakukan adalah mengubah besaran diameter kedalam jari-jari.
Seperti yang telah diingatkan sejak awal bahwa diameter nilainya sama dengan dua kali jari-jari (diameter = 2 x jari-jari). Sehingga, 10 = 2 x 5, dengan demikian jari-jarinya bernilai 5. Sehingga akan di peroleh sebagai berikut.

Dengan demikian dapat kita lihat bahwa kita mempunyai hasil yang sama baik itu dari cara 1 maupun cara 2. Hasil akhir yang kita dapatkan adalah V= 1964,28 cm kubik

Soal 3
Sebuah tabung memiliki jari-jari sebesar 28 cm, dengan tingginya yaitu 15 cm. Lalu berapakan volume dari tabung tersebut?
Pembahasan
Diketahui :
r = 28 cm, t = 13 cm
Ditanya: Volume tabung ?
Jawab:
Sehingga, volume tabung tersebut adalah 41.888 cm kubik.

Soal 4
Sepotong kayu dibentuk menjadi sebuah silinder dengan luas penampang 240 cm persegi. Silinder kayu tersebut tingginya 50 cm. Berapa volume silinder kayu tersebut? 
Pembahasan
Diketahui:
Luas penampang = 240
Tinggi = 50
Ditanya: Volume silinder kayu?
Jawab:
Ingat, silinder = tabung
V=$\pi r^{2}\times t$ 
Dari rumus tersebut kita ketahui bahwa Luas penampang = $\pi r^{2}$, dengan demikian nilai $\pi r^{2}$ tinggal kita ganti dengan besaran yang telah diketahui pada soal.
V=240×50 
V=12000   

Dengan demikian, kita peroleh volume silinder kayu tersebut adalah 12000 cm kubik

Soal 5
Sebuah gelas keramik memiliki wadah untuk menampung air dengan diameter 8 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume air maksimal yang dapat ditampung pada gelas tersebut? 
Pembahasan
Diketahui:
d = 8 cm, t = 10 cm
Ditanya: Volume air maksimal yang dapat ditampung pada gelas?
Jawab:
Dengan demikian, volume air maksimal yang dapat ditampung pada gelas adalah 502,857 cm kubik.

Bagaimana Gengs???  Mudah bukan untuk mempelajari mengenai volume tabung. 
Terlebih lagi kalau Gens sering berlatih, maka pasti akan dengan sangat mudah untuk memahami dan mengerjakan berbagai macam soal yang diberikan.  

Semoga Bermanfaat 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar