Skip to main content

Sejarah Matematika Secara Singkat

Mathematics
Anda pasti sering berhadapan dengan "matematika"? Pastinya anda akan berhadapan dengannya setiap saat. Matematika merupakan salah satu bidang ilmu dimana kita sudah mulai mempelajarinya sejak memasuki bangku TK hingga kuliah bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun kita tidak terlepas dari matematika tersebut.

Kita seringkali luput untuk mengetahui sejarah dari sesuatu yang kita pelajari salah satunya yaitu matematika. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menuliskan tentang sejarah singkat dari matematika itu sendiri.

Kata "matematika" berasal dari bahasa Yunani Kuno yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu, yang ruang lingkupnya menyempit dan arti teknisnya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah mathēmatikós, berkaitan dengan pengkajian atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, dalam bahasa Latin yaitu ars mathematica yang berarti seni matematika.

Asal mula pemikiran matematika terletak didalam konsep bilangan, besaran dan bangun. Selain mengetahui cara mencacah objek-objek, manusia prasejarah juga mengenali cara mencacah besaran abstrak, seperti waktu, hari, bulan, tahun dll.

Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan, perhitungan, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda. Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulis.

Langkah selanjutnya memerlukan penulisan atau sistem lain untuk mencatatkan bilangan. Sistem bilangan sendiri terdiri dari bermacam-macam.

Pada awal penggunaannya, matematika hanya digunakan untuk keperluan perdagangan, pengukuran tanah, perlukisan, pencatatan waktu. Penggunaan tersebut berlangsung sangat lama sampai pada tahun 3000 SM dimana muncul ketiga orang Babilonia dan Mesir kuno yang mulai menerapkan konsep matematika pada aritmatika, aljabar, dan geometri yang digunakan untuk perhitungan pajak dan urusan keuangan lainnya seperti bangunan, konstruksi dan astronomi. Pengkajian matematika yang sistematis didalam kebenarannya sendiri dimulai pada zaman Yunani kuno antara tahun 600 dan 300 SM.

Saat ini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting diberbagai bidang seperti ilmu alam, kedokteran, teknik, ilmu sosial dan masih banyak lagi. Matematika terapan merupakan cabang matematika yang melingkupi penerapan pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru dan kadang pula mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti statistik dan teori permainan.


^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^   ^_^
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar